MODEL
PENGEMBANGAN STANDAR PROFESI DI AMERIKA (USA DAN KANADA)
- Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
- Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
- Secara global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan tenaga professional Tl. Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information Technology Association of America) dan European Information Technology Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di bidang Tl.
Dibawah ini salah satu contoh standar profesi di benua
Amerika, khususnya di Negara USA dan Kanada.
1.
Kode Etik Profesional
Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika Serikat dan Kanada adalah organisasi
profesional pejabat publik bersatu untuk
meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan pemerintah dengan
mengidentifikasi, mengembangkan dan
memajukan strategi fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk lebih tujuan tersebut, aparat pemerintah
membiayai semua diperintahkan untuk
mematuhi standar hukum, moral, dan profesional
perilaku dalam pemenuhan tanggung jawab profesional mereka. Standar perilaku profesional sebagaimana diatur dalam
kode ini diwujudkan dalam rangka
meningkatkan kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
2.
Pribadi Standar
Petugas pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan dan didedikasikan untuk
cita-cita tertinggi kehormatan dan
integritas dalam semua hubungan masyarakat dan pribadi untuk mendapat rasa hormat, kepercayaan, dan
keyakinan yang mengatur pejabat, pejabat
publik lainnya, karyawan, dan masyarakat.
• Mereka harus
mencurahkan waktu, keterampilan, dan energi ke kantor mereka baik
secara independen dan bekerja sama
dengan profesional lainnya.
• Mereka harus mematuhi praktek profesional disetujui dan
standar yang dianjurkan.
3.
Tanggung jawab sebagai Pejabat Publik
Petugas pembiayaan Pemerintah harus mengakui dan bertanggung
jawab atas tanggung jawab mereka sebagai pejabat di sektor publik.
• Mereka harus sensitif dan responsif terhadap hak-hak
publik dan kebutuhan-kebutuhannya berubah.
• Mereka harus berusaha untuk memberikan kualitas kinerja
tertinggi dan nasihat.
• Mereka akan bersikap bijaksana dan integritas dalam
pengelolaan dana dalam tahanan mereka dan dalam semua transaksi keuangan.
• Mereka harus
menjunjung tinggi baik surat dan semangat undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur
tindakan mereka dan melaporkan
pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
4.
Pengembangan Profesional
Petugas pembiayaan
Pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan kompetensi kolega
mereka, dan untuk memberikan dorongan
untuk mereka yang ingin memasuki bidang keuangan pemerintah. petugas Keuangan harus
meningkatkan keunggulan dalam pelayanan
publik.
5.
Integritas Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan Pemerintah harus menunjukkan integritas
profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi.
• Mereka tidak akan
sadar tanda, berlangganan, atau mengizinkan
penerbitan pernyataan atau laporan yang berisi salah saji atau yang menghilangkan fakta material apapun.
• Mereka harus menyiapkan dan menyajikan laporan dan informasi keuangan
sesuai dengan hukum yang berlaku dan
praktek yang berlaku umum dan pedoman.
• Mereka harus menghormati dan melindungi informasi rahasia
yang mereka memiliki akses berdasarkan kantor mereka.
• Mereka harus
sensitif dan responsif terhadap pertanyaan dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan
pemerintah negara bagian atau lokal.
6.
Integritas Profesional – Hubungan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus bertindak dengan
kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam semua hubungan profesional.
• Mereka harus
menunjukkan kesetiaan dan kepercayaan dalam urusan dan kepentingan pemerintah yang mereka layani,
dalam batas-batas Kode Etik ini.
• Mereka tidak akan sadar menjadi pihak atau membiarkan
aktivitas ilegal atau tidak layak.
Mereka harus menghormati hak, tanggung jawab, dan integritas dari rekan-rekan mereka dan pejabat publik lainnya
dengan siapa mereka bekerja dan
asosiasi.
• Mereka harus mengatur semua hal personil dalam lingkup kewenangan mereka sehingga
keadilan dan ketidakberpihakan mengatur
keputusan mereka.
• Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama, dan dengan berbuat demikian,
menentang diskriminasi, pelecehan, atau
praktik yang tidak adil lainnya.
7.
Konflik Kepentingan
Petugas pembiayaan Pemerintah harus secara aktif menghindari
munculnya atau kenyataan benturan kepentingan.
• Mereka harus
melaksanakan tugas mereka tanpa bantuan dan harus menahan diri dari terlibat dalam hal-hal di luar
kepentingan keuangan atau pribadi yang
tidak sesuai dengan kinerja tidak memihak dan tujuan tugas mereka.
• Mereka tidak akan, secara langsung atau tidak
langsung, mencari atau menerima
keuntungan pribadi yang akan mempengaruhi, atau
tampaknya mempengaruhi, pelaksanaan tugas resmi mereka.
• Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya
untuk keuntungan pribadi atau politik.
Ref:
0 komentar:
Posting Komentar