Hyper Text Markup Language (HTML)

|

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform ke platform lainnya tanpa melakukan suatu perubahan apapun. Dokumen HTML disebut sebagai markup language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu text dan tingkat kepentingan dari text tersebut dalam suatu dokumen.

Dengan konsep Hypertext ini, untuk membaca tidak harus melakukannya secara urut, baris demi baris, atau halaman demi halaman. Tetapi dapat dengan mudah melompat dari satu topic ke topic yang lainnya yang disukai.

Dokumen HTML pada dasarnya adalah suatu dokumen ASCII atau teks biasa. Yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen teks adalah anda dapat memberikan suatu format tertentu seperti bentuk tebal, miring, format, list, table pada dokumen HTML, sedangkan pada dokumen teks tidak dapat dilakukan. Sekalipun dapat diberikan suatu format tertentu pada dokumen HTML, tetapi tidak dapat melihat hasil format secara langsung pada dokumen tersebut, seperti halnya pada Word atau Word Perfect for Windows.

Perbedaan utama lainnya dengan dokumen teks adalah bahwa HTML dapat mengandung satu link (hubungan) ke bagian lainnya dalam dokumen tersebut atau ke dokumen lain pada server yang sama maupun sever yang berbeda. Dengan adanya link ini, bisa melompat ke bagian lain dari topic yang diinginkan secara langsung. Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan pada dokumen teks yang harus dibaca secara berurutan.

0 komentar:

Posting Komentar