SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PANTAI ANYER KOTA BANTEN MENGGUNAKAN MAPINFO

|


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PANTAI ANYER KOTA BANTEN MENGGUNAKAN MAPINFO

Aplikasi yang kelompok kami pilih adalah aplikasi Sistem Informasi Geografis menggunakan MapInfo. Sistem Informasi Geografis ini tentang pariwisata di kota Banten yaitu pariwisata Pantai Anyer di kota Banten.
Kami akan menjelaskan tentang apa yang sudah kami analisa pada aplikasi ini. Diantaranya adalah tentang pengenalan MapInfo, analisa mengenai aplikasi ini, flowchart aplikasi, beberapa desain dalam pembuatan aplikasi ini, dan yang terakhir yaitu tampilan output Sistem Informasi Geografis menggunakan MapInfo tentang pariwisata kota Banten (Pantai Anyer).
  • Pengenalan MapInfo
MapInfo adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan sebagai sarana untuk menampilkan atau pengimplementasian sistem informasi geografis. Kelebihan perangkat lunak ini adalah karena fasilitas yang diberikan cukup mudah untuk dioperasikan dan cukup lengkap untuk keperluan pengembangan sistem informasi geografis.
Kemudahan lain, perangkat ini tidak memerlukan dukungan hardware yang terlalu rumit. Sehingga hamper semua personal komputer dapat digunkan untuk mengoperasikan software tersebut. Selain itu, dengan sudah tersedianya menu-menu pada windows, maka pengguna tidak perlu menghafalkan perintah-perintah panjang. Melainkan, dapat langsung member perintah melalui menu utama maupun icon yang sudah tersedia.

  • Analisa Aplikasi MapInfo Pariwisata Pantai Anyer di Banten
Menurut analisa dari kelompok kami, pada aplikasi ini bermanfaat sebagai sarana untuk menampilkan informasi alamat kepada user dan memudahkan user menemukan alamat yang akan dituju. Selain itu, fungsi aplikasi yang menggunakan software MapInfo berfungsi untuk membuat denah atau peta dari pariwisata di kota Banten salah satunya yaitu Anyer yang akan memberikan kemudahan user.
Aplikasi ini dapat dikembangkan kembali dengan menambahkan jalan-jalan atau peta-peta untuk pariwisata di kota Banten secara keseluruhan. Lalu, terdapat pula fasilitas-fasilitas yang  ada di aplikasi ini diantaranya terdapat nama-nama hotel yang terletak di Anyer beserta biaya-biayanya, nama-nama restaurant, dan lain-lain.
Pada aplikasi ini, pembuatan sistem informasi geografis Pantai Anyer menggunakan data spasial. Yang dimaksud dengan data spasial itu adalah pemasukkan data yang dapat dilakukan dengan menggambar langsung di layer, menggunakan digitizer dan scanner atau konversi dari format lain ke dalam format MapInfo.
Kelebihan dari aplikasi ini adalah gambar terlihat sangat jelas letak jalan-jalan yang akan dilalui oleh user menuju Pantai Anyer. Sedangkan, kekurangan dari aplikasi ini adalah kurang spesifikasi atau kurang detail nama-nama jalan pada peta tersebut, dan kurangnya informasi-informasi lain yang terdapat di Pantai Anyer. Aplikasi ini tidak bekerjasama dengan organisasi lain karena aplikasi ini khusus milik kota Banten.

  • Flowchart Aplikasi

·         Dari Jakarta-Pantai Anyer




 








                                         

·         



Dari Cilegon-Pantai Anyer





 




  • Tampilan Output Aplikasi
Dibawah ini terdapat tampilan output dari aplikasi sistem informasi geografis Pantai Anyer menggunakan MapInfo:

Referensi :

1 komentar:

leor mengatakan...

Terima kasih untuk informasinya. Setelah membaca informasi ini saya mendapat gambaran bagaimana membuat sistem informasi geografis.
Silahkan mengunjungi website saya di: https://leor.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/

Posting Komentar